Friday, March 20, 2009

GOKASI KALIMANTAN BARAT


Gokasi Kalimantan Barat, adalah satu satunya perguruan Karate Goju yang ada di Kalimantan Barat saat ini. Mulai berkembang ditahun 2002 dan termasuk perguruan krate termuda diantara perguruan Karate lainnya.

Keberadaan Gokasi di Kalimantan Barat pertama kali dibawa oleh Senpai Armansyah, yang telah berlatih dengan Sensei Dody Rochadi dan kemudian juga berlatih dengan Shihan Bambang Irianto.

Ketika dibawa ke Kalimantan Barat, saat itu senpaiArmansyah hanya seorang diri, lalu mulai dikembangkan pertama kali dengan anggota yang baru 2 orang. Dan terus secara perlahan berkembang menjadi beberapa Dojo.

Berbagai kerja keras dilakukan beliau untuk mengembangkan Gokasi di Kalimantan Barat, walaupun berbagai kendala yang besar, tetapi dengan komitmen yang tinggi, secara perlahan Gokasi Kalimantan Barat semakin berkembang.

Hal yang menjadi kendala terbesar adalah domisli dia yang bukan berada di Ibukota Propinsi maupun Ibukota Kabupaten, tetapi justru bertempat tinggal didaerah terpencil. Sehingga sering kali harus berangkat melatih dalam perjalanan yang jauh.

Saat ini Gokasi Kalimantan Barat telah berhasil memiliki 2 cabang aktif yaitu Cabang Gokasi Kabupaten Sambas dan Kabupaten Bengkayang, dengan kurang lebih 10 Dojo Gokasi. Dan Dojo yang terbaru adalah Dojo Gokasi Beruang Alpha yang merupakan Dojo Khusus di militer, dengan kerja kerasnya juga dia berhasil mengembangkan pemegang sabuk hitam Gokasi di Kalimantan Barat sebanyak 15 orang dengan tingkatan tertinggi DAN III.

Perkembangan ini memang masih dirasakan sangat jauh jika dibandingkan dengan DPD-DPD Gokasi lainnya. Tetapi selagi semangat ini masih ada. Maka secara perlahan seiring waktu dan proses alam, Gokasi Kalbar optimis untuk menjadi besar. Apalagi mengingat Gokasi Kalimantan Barat adalah satu-satunya DPD Gokasi yang ada diwilayah pulau Kalimantan. Tentunya ini akan menimbulkan motivasi yang kuat untuk mengembangkan Gokasi secara lebih maksimal.

Penulis : S.Armansyah, S.Aris Mujahidin,A.Md.KEP, S.Yulida Fitriani
Surjadji - Gokasi