Tuesday, March 17, 2009

KRISIS GLOBAL


From: "Adhi, ER (Eduard)"
Subject: RE: FW: KRISIS GLOBAL
Date: Tue, 17 Mar 2009 17:34:17 +0700
To: "Surjadji "
Full Headers
Undecoded Letter

Kalau saya sih pertama - tama sikap mental dulu, karena dari beberapa berita yang saya baca di Kompas atau nonton CNN, saat ini kita belum sampai dasarnya . . dasar dari krisis global ini.


1. Bersyukur
Kalau masih bekerja disebuah perusahaan dan menerima gaji, atau kalau punya bisnis - usaha tersebut masih berjalan.

2. Tabah
Kalau ternyata kenaikan gaji tahun ini hanya standard, karena ada beberapa temen saya yang bekerja di perusahaan exportir kelas menengah tahun ini gajinya "tidak naik" = sama seperti tahun lalu. Biasanya sebulan ekspor 2 container, sekarang 2 bulan ekspor 1 container.

3. Kerja Keras
Pada beberapa perusahaan, saat krisis ini malah karyawan dipecut untuk lebih giat bekerja tujuannya agar bisa tetap survive (jadi sering lembur).
Kalau punya usaha juga harus melakukan upaya extra apapun untuk "BERTAHAN"

Kenapa BERTAHAN ? karena menurut pengamatan saya setiap krisis ekonomi itu mempunyai SIKLUS / cycle. Kita harus perhatikan siklus ini.
Dapat dilihat contoh great depression dulu di amerika ataupun krisis moneter tahun 1998 di Indonesia. Ada saatnya turun dan ada saatnya naik, yang jadi masalah dan fokus adalah :
Apakah saat trend-nya sedang turun ini kita bisa bertahan dan mempersiapkan diri? Kalau kita berhasil bertahan dan mempersiapkan diri, maka pada saat trend perekonomian meningkat kita bisa mengambil manfaat yang paling besar. (Saya baca berita ada beberapa perusahaan Kelapa Sawit yang malah berinvestasi disaat krisis ini saat harga lagi murah, sehingga ketika harga normal / naik mereka dapat memetik untung)

Krismon 1998 juga tidak pernah dibilang berhenti secara resmi oleh pihak pemerintah. Bagi yang bisa bertahan malah tambah menjadi - jadi, tapi bagi yang pernah kena PHK dan tetap tidak bekerja sampai sekarang juga banyak.
Bagi yang kena PHK habis itu banting setir jadi pengusaha juga banyak (ini tergolong BERTAHAN dan MENYERANG).

Gimana kabar latihan karate-nya pak masih rutin? , saat ini saya ikut perguruan lama saya di SMA 2 Depok, Inkanas aliran shotokan, Gichin Funakoshi punya.
Saya ikut supaya sehat saja dan tertarik dengan filosofi Zen dan Bushido. Kalau anak2 SMA sukanya ikut turnamen mereka.
Sayang ya di depok tidak ada tempat latihan aliran Goju, Chojun Miyagi punya ya?.

Krisis global ini juga berpengaruh pada latihan karate saya pak, harusnya tiap sabtu latihan. Selama 2 minggu kemarin saya absen karena harus lembur !.

Salam buat sesama karate-ka yang lain.
Oosh

Eduard Rahendra Adhi
Credit Analyst Region II
Surjadji - Gokasi